Maqam Tawakal
MAQAM TAWAKALDari segi bahasa, tawakal berasal dari kata ‘tawakala’ yang memiliki arti; menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan. (Munawir, 1984 : 1687). Seseorang yang bertawakal adalah seseorang yang menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan segala urusannya hanya kepada Allah SWT.
Sedangkan dari segi istilahnya, tawakal didefinisikan oleh beberapa ulama salaf, yang sesungguhnya memiliki muara yang sama. Diantara definisi mereka adalah:
1.Sari al-Saqati
Tawakkal adalah pelepasan daripada kekuasaan dan kekuatan, tidak ada kekuasaan dan kekuatan apa pun melainkan daripada Allah semesta alam
2. Menurut Imam Ahmad bin Hambal.
Tawakal merupakan aktivias hati, artinya tawakal itu merupakan perbuatan yang dilakukan oleh hati, bukan sesuatu yang diucapkan oleh lisan, bukan pula sesuatu yang dilakukan oleh anggota tubuh. Dan tawakal juga bukan merupakan sebuah keilmuan dan pengetahuan. (Al-Jauzi/ Tahdzib Madarijis Salikin, tt : 337)
3. Ibnu Qoyim al-Jauzi
“Tawakal merupakan amalan dan ubudiyah (baca; penghambaan) hati dengan menyandarkan segala sesuatu hanya kepada Allah, tsiqah terhadap-Nya, berlindung hanya kepada-Nya dan ridha atas sesuatu yang menimpa dirinya, berdasarkan keyakinan bahwa Allah akan memberikannya segala ‘kecukupan’ bagi dirinya…, dengan tetap melaksanakan ‘sebab-sebab’ (baca ; faktor-faktor yang mengarakhkannya pada sesuatu yang dicarinya) serta usaha keras untuk dapat memperolehnya.” (Al-Jauzi/ Arruh fi Kalam ala Arwahil Amwat wal Ahya’ bidalail minal Kitab was Sunnah, 1975 : 254)
Sebagian ulama salafuna shaleh lainnya memberikan komentar beragam mengenai pernak pernik takawal, diantaranya adalah ungkapan : Jika dikatakan bahwa Dinul Islam secara umum meliputi dua aspek; yaitu al-isti’anah (meminta pertolongan Allah) dan al-inabah (taubat kepada Allah), maka tawakal merupakan setengah dari komponen Dinul Islam. Karena tawakal merupakan repleksi dari al-isti’anah (meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT) : Seseorang yang hanya meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah, menyandarkan dirinya hanya kepada-Nya, maka pada hakekatnya ia bertawakal kepada Allah.
Salafus saleh lainnya, Sahl bin Abdillah al-Tasattiri juga mengemukakan bahwa ‘ilmu merupakan jalan menuju penghambaan kepada Allah. Penghambaan merupakan jalan menuju kewara’an (sifat menjauhkan diri dari segala kemaksiatan). Kewaraan merupakan jalan mmenuju pada kezuhudan. Dan kezuhudan merupakan jalan menuju pada ketawakalan. (Al-Jauzi, tt : 336)
Tawakal merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan dalam Islam. Oleh karena itulah, kita dapat melihat, banyak sekali ayat-ayat ataupun hadits-hadits yang memiliki muatan mengenai tawakal kepada Allah SWT. Demikian juga para salafus shaleh, juga sangat memperhatikan masalah ini. Sehingga mereka memiliki ungkapan-ungkapan khusus mengenai tawakal.
Ibnu Rajab rahimahullah dalam Jami’ul Ulum wal Hikam tatkala menjelaskan hadits no. 49 mengatakan, “Tawakal adalah benarnya penyandaran hati pada Allah ‘azza wa jalla untuk meraih berbagai kemaslahatan dan menghilangkan bahaya baik dalam urusan dunia maupun akhirat, menyerahkan semua urusan kepada-Nya serta meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa ‘tidak ada yang memberi, menghalangi, mendatangkan bahaya, dan mendatangkan manfaat kecuali Allah semata‘.”
Tawakal Bukan Sekedar Hanya Pasrah
Perlu diketahui bahwa tawakal bukanlah hanya sikap bersandarnya hati kepada Allah semata, namun juga disertai dengan melakukan usaha.
Ibnu Rajab mengatakan bahwa menjalankan tawakal tidaklah berarti seseorang harus meninggalkan sebab atau sunnatullah yang telah ditetapkan dan ditakdirkan. Karena Allah memerintahkan kita untuk melakukan usaha sekaligus juga memerintahkan kita untuk bertawakal. Oleh karena itu, usaha dengan anggota badan untuk meraih sebab termasuk ketaatan kepada Allah, sedangkan tawakal dengan hati merupakan keimanan kepada-Nya. Sebagaimana Allah Ta’ala telah berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, ambillah sikap waspada.” (QS. An Nisa [4]: 71). Allah juga berfirman (yang artinya), “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang.” (QS. Al Anfaal [8]: 60). Juga firman-Nya (yang artinya), “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah” (QS. Al Jumu’ah [62]: 10). Dalam ayat-ayat ini terlihat bahwa kita juga diperintahkan untuk melakukan usaha.
Perhatikan juga firman Allah Ta’ala (yang artinya), “Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaaq [65]: 2-3). Al Qurtubi dalam Al Jami’ Liahkamil Qur’an mengatakan, “Barang siapa menyerahkan urusannya sepenuhnya kepada Allah, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya.”
Sahl At Tusturi mengatakan, “Barang siapa mencela usaha (meninggalkan sebab) maka dia telah mencela sunnatullah (ketentuan yang Allah tetapkan -pen). Barang siapa mencela tawakal (tidak mau bersandar pada Allah, pen) maka dia telah meninggalkan keimanan. (Lihat Jami’ul Ulum wal Hikam)
Derajat Tawakal
Tawakal merupakan gabungan berbagai unsur yang menjadi satu, dimana tawakal tidak dapat terealisasikan tanpa adanya unsur-unsur tersebut. Unsur-unsur ini juga merupakan derajat dari tawakal itu sendiri:
1. Derajat pertama dari tawakal adalah : Ma’rifat kepada Allah SWT dengan segala sifat-sifat-Nya minimal meliputi tentang kekuasaan-Nya keagungan-Nya, keluasan ilmu-Nya, keluasan kekayaan-Nya, bahwa segala urusan akan kembali pada-Nya, dan segala sesuatu terjadi karena kehendak-Nya, dsb.
2. Derajat tawakal yang kedua adalah : Memiliki keyakinan akan keharusan melakukan usaha. Karena siapa yang menafikan keharusan adanya usaha, maka tawakalnya tidak benar sama sekali. Seperti seseorang yang ingin pergi haji, kemudian dia hanya duduk di rumahnya, maka sampai kapanpun ia tidak akan pernah sampai ke Mekah. Namun hendaknya ia memulai dengan menabung, kemudian pergi kesana denan kendaraan yang dapat menyampaikannya ke tujuannya tersebut.
3. Derajat Tawakal yang ketiga adalah : Adanya ketetapan hati dalam mentauhidkan (mengesakan) Dzat yang ditawakali, yaitu Allah SWT. Karena tawakal memang harus disertai dengan keyakinan akan ketauhidan Allah. Jika hati memiliki ikatan kesyirikan-kesyirikan dengan sesuatu selain Allah, maka batallah ketawakalannya.
4. Derajat tawakal yang keempat adalah : Menyandarkan hati sepenuhnya hanya kepada Allah SWT, dan menjadikan situasi bahwa hati yang tenang hanyalah ketika mengingatkan diri kepada-Nya. Hal ini seperti kondisi seorang bayi, yang hanya bisa tenang dan tentram bila berada di susuan ibunya. Demikian juga seorang hamba yang bertawakal, dia hanya akan bisa tenang dan tentram jika berada di ‘susuan’ Allah SWT.
5. Derajat tawakal yang kelimana adalah : Husnudzan (baca ; berbaik sangka) terhadap Allah SWT. Karena tidak mungkin seseorang bertawakal terhadap sesuatu yang dia bersu’udzan kepadanya. Tawakal hanya dapat dilakukan terhadap sesuatu yang dihusndzani dan yang diharapkannya.
6. Derajat Tawakal yang keeman adalah : Memasrahkan jiwa sepenuhya hanya kepada Allah SWT. Karena orang yang bertawakal harus sepenuh hatinya menyerahkan segala sesuatu terhadap yang ditawakali. Tawakal tidak akan mungkin terjadi, jika tidak dengan sepenuh hati memasrahkan hatinya kepada Allah.
7. Derajat tawakal yang ketujuh yaitu : Menyerahkan, mewakilkan, mengharapkan, dan memasrahkan segala sesuatu hanya kepada Allah SWT. Dan hal inilah yang merupakan hakekat dari tawakal. Allah SWT berfirman: (QS. 40 : 44)
َูุฃَُِّููุถُ ุฃَู ْุฑِู ุฅَِูู ุงَِّููู ุฅَِّู ุงََّููู ุจَุตِูุฑٌ ุจِุงْูุนِุจَุงุฏِ
Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat akan
hamba-hamba-Nya".
Seorang hamba yang menyerahkan segala urusannya kepada Allah, maka ia tidak akan berbuat melainkan dengan perbuatan yang sesuai dengan kehendak Allah. Karena dia yakin, bahwa Allah tidak akan menetapkan sesuatu kecuali yang terbaik bagi dirinya baik di dunia maupun di akhirat.
Tawakal Dalam Al-Qur’an
Al-Qur’an sangat menaruh perhatian terhadap permasalahan tawakal ini. Sehingga kita jumpai cukup banyak ayat-ayat yang secara langsung menggunakan kata yang berasal dari kata tawakal. Berdasarkan pencarian yang dilakukan dari CD ROM Al-Qur’an, kita mendapatkan bahwa setidaknya terdapat 70 kali, kata tawakal disebut oleh Allah dalam Al-Qur’an. Jika disimpulkan ayat-ayat tersebut mencakup tema berikut:
1. Tawakal merupakan perintah Allah SWT.
Allah berfirman dalam Al-Qur’an (QS. 8 : 61)
َูุชَََّْููู ุนََูู ุงَِّููู ุฅَُِّูู َُูู ุงูุณَّู ِูุนُ ุงْูุนَِููู ُ
“Dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
Lihat juga QS.11:123, 25:58, 26:217, 27:79, 33:3, 33:48,
2. Larangan bertawakal selain kepada Allah (menjadikan selain Allah sebagai penolong)
Allah berfirman (QS. 17:2)
َูุขุชََْููุง ู ُูุณَู ุงِْููุชَุงุจَ َูุฌَุนََْููุงُู ُูุฏًู ِูุจَِูู ุฅِุณْุฑَุงุฆَِูู ุฃَูุงَّ ุชَุชَّุฎِุฐُูุง ู ِْู ุฏُِููู َِููููุงً
Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku,
3. Orang yang beriman; hanya kepada Allah lah ia bertawakal.
Allah berfirman (QS. 3 : 122) :
َูุนََูู ุงَِّููู ََْูููุชَََِّููู ุงْูู ُุคْู َُِููู
Dan hanya kepada Allahlah, hendaknya orang-orang mu’min bertawakal.
Lihat juga QS.3:160, 5:11, 5:23, 7:89, 8:2, 9:51, 58:10, 64:13.
4. Tawakal harus senantiasa mengiringi suatu azam (baca; keingingan/ ambisi positif yang kuat)
Allah berfirman (QS. 3 : 159)
َูุฅِุฐَุง ุนَุฒَู ْุชَ َูุชَََّْููู ุนََูู ุงَِّููู ุฅَِّู ุงََّููู ُูุญِุจُّ ุงْูู ُุชَََِِّููููู
Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
5. Allah sebaik-baik tempat untuk menggantungkan tawakal (pelindung)
Allah berfirman (QS. 3: 173)
ََููุงُููุง ุญَุณْุจَُูุง ุงَُّููู َِููุนْู َ ุงَُِْููููู
“Dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."
Lihat juga QS.4:81, 4:109, 4:132, 4:171.
6. Akan mendapatkan perlindungan, pertolongan dan anugrah dari Allah.
Allah berfirman (QS. 8 : 49):
َูู َْู َูุชَََّْููู ุนََูู ุงَِّููู َูุฅَِّู ุงََّููู ุนَุฒِูุฒٌ ุญَِููู ٌ
"Barangsiapa yang tawakkal kepada Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".
Lihat juga QS.17:65.
7. Mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat (surga)
Allah berfirman (QS. 16: 41-42):
َูุงَّูุฐَِูู َูุงุฌَุฑُูุง ِูู ุงَِّููู ู ِْู ุจَุนْุฏِ ู َุง ุธُِูู ُูุง َُููุจَِّูุฆََُّููู ْ ِูู ุงูุฏَُّْููุง ุญَุณََูุฉً َููุฃَุฌْุฑُ ุงูุขุฎِุฑَุฉِ ุฃَْูุจَุฑُ َْูู َูุงُููุง َูุนَْูู َُูู*
ุงَّูุฐَِูู ุตَุจَุฑُูุง َูุนََูู ุฑَุจِِّูู ْ َูุชََََُّููููู
Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui, (yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan saja mereka bertawakkal.
Lihat juga QS.29:58-59.
8. Allah akan mencukupkan orang yang bertawakal kepada-Nya.
Allah berfirman (QS. 65:3):
ََููุฑْุฒُُْูู ู ِْู ุญَْูุซُ ูุงَ َูุญْุชَุณِุจُ َูู َْู َูุชَََّْููู ุนََูู ุงَِّููู ََُููู ุญَุณْุจُُู ุฅَِّู ุงََّููู ุจَุงِูุบُ ุฃَู ْุฑِِู َูุฏْ ุฌَุนََู ุงَُّููู ُِِّููู ุดَْูุกٍ َูุฏْุฑًุง
Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
Tawakal Dalam Hadits
Selain dalam Al-Qur’an, dalam haditspun, tawakal memiliki porsi yang sangat banyak. Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi mencantumkan 11 hadits. Sedangkan pelacakan melalui CD ROM, kita mendapatkan terdapat sekitar 900 an hadits yang terdapat kata yang berasal dari kata tawakal. (Dari 9 kitab hadits induk, yaitu Shahih Bukhari, Muslim, Sunan Abu Daud, Timidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Addarimi, Muwatha’ Malik dan Musnad Imam Ahmad bin Hambal.) Sebelas hadits yang dicantumkan Imam Nawawi dalam Riyadus Shalihin, telah mencakup sebagaian besar hadits-hadits tentang tawakal. Dari hadits-hadits tentang tawakal ini, kita dapat menyimpulkan beberpa poin :
1. Orang yang bertawakal hanya kepada Allah, akan masuk ke dalam surga tanpa hisab.
Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda:
ุนَِู ุงุจِْู ุนَุจَّุงุณٍ ุนَْู ุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َูุงَู ุนُุฑِุถَุชْ ุนَََّูู ุงูุฃُู َู ُ َูุฑَุฃَْูุชُ ุงَّููุจَِّู َูู َุนَُู ุงูุฑَُّْููุทُ َูุงَّููุจَِّู َูู َุนَُู ุงูุฑَّุฌُُู َูุงูุฑَّุฌُูุงَِู َูุงَّููุจَِّู َْููุณَ ู َุนَُู ุฃَุญَุฏٌ ุฅِุฐْ ุฑُِูุนَ ِูู ุณََูุงุฏٌ ุนَุธِูู ٌ َูุธََْููุชُ ุฃََُّููู ْ ุฃُู َّุชِู ََِูููู ِูู َูุฐَุง ู ُูุณَู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ََْูููู ُُู ََِْูููู ุงْูุธُุฑْ ุฅَِูู ุงูุฃُُِูู ََููุธَุฑْุชُ َูุฅِุฐَุง ุณََูุงุฏٌ ุนَุธِูู ٌ ََِูููู ِูู ุงْูุธُุฑْ ุฅَِูู ุงูุฃُُِูู ุงูุขุฎَุฑِ َูุฅِุฐَุง ุณََูุงุฏٌ ุนَุธِูู ٌ ََِูููู ِูู َูุฐِِู ุฃُู َّุชَُู َูู َุนَُูู ْ ุณَุจْุนَُูู ุฃًَْููุง َูุฏْุฎَُُููู ุงْูุฌََّูุฉَ ุจِุบَْูุฑِ ุญِุณَุงุจٍ َููุงَ ุนَุฐَุงุจٍ ุซُู َّ ََููุถَ َูุฏَุฎََู ู َْูุฒَُِูู َูุฎَุงุถَ ุงَّููุงุณُ ِูู ุฃَُููุฆَِู ุงَّูุฐَِูู َูุฏْุฎَُُููู ุงْูุฌََّูุฉَ ุจِุบَْูุฑِ ุญِุณَุงุจٍ َููุงَ ุนَุฐَุงุจٍ ََููุงَู ุจَุนْุถُُูู ْ ََููุนََُّููู ْ ุงَّูุฐَِูู ุตَุญِุจُูุง ุฑَุณَُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ََููุงَู ุจَุนْุถُُูู ْ ََููุนََُّููู ْ ุงَّูุฐَِูู ُِููุฏُูุง ِูู ุงูุฅِุณْูุงَู ِ ََููู ْ ُูุดْุฑُِููุง ุจِุงَِّููู َูุฐََูุฑُูุง ุฃَุดَْูุงุกَ َูุฎَุฑَุฌَ ุนََِْูููู ْ ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ََููุงَู ู َุง ุงَّูุฐِู ุชَุฎُูุถَُูู ِِููู َูุฃَุฎْุจَุฑُُูู ََููุงَู ُูู ْ ุงَّูุฐَِูู ูุงَ َูุฑَُْููู َููุงَ َูุณْุชَุฑَُْููู َููุงَ َูุชَุทََّูุฑَُูู َูุนََูู ุฑَุจِِّูู ْ َูุชََََُّููููู ََููุงู َ ุนَُّูุงุดَุฉُ ุจُْู ู ِุญْุตٍَู ََููุงَู ุงุฏْุนُ ุงََّููู ุฃَْู َูุฌْุนََِููู ู ُِْููู ْ ََููุงَู ุฃَْูุชَ ู ُِْููู ْ ุซُู َّ َูุงู َ ุฑَุฌٌُู ุขุฎَุฑُ ََููุงَู ุงุฏْุนُ ุงََّููู ุฃَْู َูุฌْุนََِููู ู ُِْููู ْ ََููุงَู ุณَุจَََูู ุจَِูุง ุนَُّูุงุดَุฉُ (ุฑูุงู ู ุณูู )
Dari Abdullah bin Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda: Telah ditunjukkan kepadaku keadaan umat yang dahulu, hingga saya melihat seorang nabi dengan rombongan yang kecil, dan ada nabi yang mempunyai penigkut satu dua orang, bahkan ada nabi yang tiada pengikutnya. Mendadak telihat padaku rombongan yang besar (yang banyak sekali), saya kira itu adalah umatku, namun diberitahukan kepadaku bahwa itu adalah nabi Musa as beserta kaumnya. Kemudian dikatakan kepadaku, lihatlah ke ufuk kanan dan kirimu, tiba-tiba di sana saya melihat rombongan yang besar sekali. Lalu dikatakan kepadaku, Itulah umatmu, dan di samping mereka ada tujuh puluh ribu yang masuk surga tanpa perhingungan (hisab). Setelah itu nabi bangun dan masuk ke rumahnya, sehingga orang-orang banyak yang membicarakan mengenai orang-orang yang masuk surga tanpa hisab itu. Ada yang berpendapat; mungkin mereka adalah sahabat-sahabat Rasulullah SAW. Ada pula yang berpendapat, mungkin mereka yang lahir dalam Islam dan tidak pernah mempersekutukan Allah, dan ada juga pendapt-pendapat lain yang mereka sebut. Kemudian Rasulullah SAW keluar menemui mereka dan bertanya, ‘apakah yang sedang kalian bicarakan?’. Mereka memberiktahukan segala pembicaraan mereka. Beliau bersabda, ‘ Mereka tidak pernah menjampi atau dijampikan dan tidak suka menebak nasib dengan perantaraan burung, dan hanya kepada Rab nya lah, mereka bertawakal.” Lalu bangunlah Ukasyah bin Mihshan dan berkata, ‘Ya Rasulullah SAW doakanlah aku supaya masuk dalam golongan mereka.’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Engkau termasuk golongan mereka.’ Kemudian berdiri pula orang lain, dan berkata, ‘doakan saja juga supaya Allah menjadikan saya salah satu dari mereka.’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Engkau telah didahului oleh Ukasyah.” (HR. Bukhari & Muslim).
2. Tawakal merupakan sunnah Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW sendiri senantiasa menggantungkan tawakalnya kepada Allah SWT. Salah satu contohnya adalah bahwa beliau selalu mengucapkan doa-doa mengenai ketawakalan dirinya kepada Allah SWT:
ุนَْู ุงุจِْู ุนَุจَّุงุณٍ ุฃََّู ุฑَุณَُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َูุงَู َُُูููู ุงَُّูููู َّ ََูู ุฃَุณَْูู ْุชُ َูุจَِู ุขู َْูุชُ َูุนَََْููู ุชَََّْูููุชُ َูุฅََِْููู ุฃََูุจْุชُ َูุจَِู ุฎَุงุตَู ْุชُ ุงَُّูููู َّ ุฅِِّูู ุฃَุนُูุฐُ ุจِุนِุฒَّุชَِู ูุงَ ุฅََِูู ุฅِูุงَّ ุฃَْูุชَ ุฃَْู ุชُุถَِِّููู ุฃَْูุชَ ุงْูุญَُّู ุงَّูุฐِู ูุงَ َูู ُูุชُ َูุงْูุฌُِّู َูุงูุฅِْูุณُ َูู ُูุชَُูู (ุฑูุงู ู ุณูู )
Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah SAW senantiasa berdoa, ‘Ya Allah hanya kepada-Mulah aku menyerahkan diri, hanya kepada-Mulah aku beriman, hanya kepada-Mulah aku bertawakal, hanya kepada-Mulah aku bertaubat, hanya karena-Mulah aku (melawan musuh-musuh-Mu). Ya Allah aku berlindung dengan kemulyaan-Mu di mana tiada tuhan selain Engkau janganlah Engkau menyesatkanku. Engkau Maha Hidup dan tidak pernah mati, sendangkan jin dan manusia mati. (HR. Muslim)
3. Allah merupakan sebaik-baik tempat untuk bertawakal.
Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda :
ุนَْู ุงุจِْู ุนَุจَّุงุณٍ ุญَุณْุจَُูุง ุงَُّููู َِููุนْู َ ุงَُِْููููู َูุงََููุง ุฅِุจْุฑَุงِููู ُ ุนََِْููู ุงูุณََّูุงู ุญَِูู ุฃَُِْููู ِูู ุงَّููุงุฑِ ََููุงََููุง ู ُุญَู َّุฏٌ ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ุญَِูู َูุงُููุง ุฅَِّู ุงَّููุงุณَ َูุฏْ ุฌَู َุนُูุง َُููู ْ َูุงุฎْุดَُْููู ْ َูุฒَุงุฏَُูู ْ ุฅِูู َุงًูุง ََููุงُููุง ุญَุณْุจَُูุง ุงَُّููู َِููุนْู َ ุงَُِْููููู (ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู)
Dari Ibnu Abbas ra, “Hasbunallah wani’mal Wakil’ kalimat yang dibaca oleh Nabi Ibrahim as ketika dilempar ke dalam ap, dan juga telah dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika diprovokasi oleh orang kafir, supaya takut kepada mereka ; ‘sesungguhnya manusia telah mengumpulkan segala kekuatannya untuk menghancurkan kalian, maka takutlah kamu dan janganlah melawan, tapi orang-orang beriman bertambah imannya dan membaca, Hasbunallah wa ni’mal Wakil (cukuplah Allah yang mencukupi kami dan cukuplah Allah sebagai tempat kami bertawakal.” (HR. Bukhari)
4. Tawakal akan mendatangkan nasrullah.
Sebagaimana yang terdapat dalam hadits no 5, dalam kitab Riyadhus Shalihin. Dimana dikisahkan pada saat perang Dzatur riqa’, ketika Rasulullah SAW sedang beristirahat di bawah sebuah pohon, sedangkan pedang beliau tergantung di pohon. Ketika tiba-tiba datang seorang musyrikin yang mengambil pedang beliau sambil berkata, siapa yang dapat melindungimu dariku?. Namun dengan sangat tenang Rasulullah SAW menjawab Allah. Setelah tiga kali bertanya, tiba-tiba pedang yang dipegangnya jatuh. Lalu Rasulullah SAW mengambil pedang tersebut seraya bertanya, sekarang siapakah yang dapat melindungimu dari ku?
• Hadits yang sama juga diriwayatkan oleh Bukhari dan lainnya dari Jabir bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam terpisah dari para sahabatnya lalu bernaung dibawah pohon (Disebutkan bahwa pohon itu adalah pohon yang berduri, An-Nihayah 3/255) beliau menggantungkan pedangnya di atas pohon itu, kemudian datang seorang Arab Badui (Diriwayatkan bahwa nama orang itu adalah Ghurata bin Al-Harits, lihat Shahihul Bukhari dalam kitab Al-Maghazy 4136 V/491 dan lihat pula Tafsir Ibnu Katsir 3/59) kepada Rasulullah dan mengambil pedang milik beliau, lalu orang itu bediri di hadapan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, sambil bertanya:
"Siapakah yang dapat mencegahmu dari aku?. Beliau menjawab: Allah!,
orang Arab Badui itu bertanya 2 atau 3 kali: Siapa yang dapat mencegahmu
dari aku?, dan Nabi menjawab: Allah, Jabir berkata: Kemudian orang Arab
itu menyarungi pedangnya, lalu Nabi memanggil para sahabatnya, dan
mengabarkan kepada mereka tentang kejadian Arab Badui itu, sementara
Arab Badui itu duduk disisi Rasulullah dengan tidak memberi hukuman
kepada orang itu"
(Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya 3/311, Bukhari bab Jihad
2910 6/113, diriwayatkan oleh Ath-Thabari dalam Tafsirnya 6/146).
• Berita yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir Ath-Thabari dan lainnya dari Ibnu Abbas -tentang ayat ini ia menyebut ayat 11 dari surat Al-Ma'idah dan ia berkata:
"Sesungguhnya orang-orang dari kaum Yahudi membuat makanan untuk
membunuh Rasulullah dan para sahabatnya, kemudian Allah mewahyukan
kepada utusan-Nya itu tentang rencana mereka, maka Rasulullah dan para
sahabatnya tidak makan makanan itu"
(Diriwayatkan oleh Ath-Thabari dalam tafsirnya 6/46 dan Ibnu Abu Hatim
sebagaimana disebutkan dalam Tafsir Ibnu Katsir 3/59).
• Dikisahkan bahwa orang-orang dari Kaum Yahudi bersepakat untuk membunuhNabi dengan cara mengundang Nabi dalam suatu urusan, ketika Nabi datang kepada mereka, mereka membuat siasat untuk melempar beliau dengan sebuah
batu besar pada saat Rasulullah bernegosiasi dengan orang-orang Yahudi, lalu
Allah memberitahukan rencana mereka ini kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi
wa sallam, kemudian Rasulullah kembali ke Madinah dengan para sahabatnya
(Diriwayatkan oleh Ath-Thabari dalam Tafsirnya 6/144) maka pada saat itulah
Allah menurunkan ayat yang berbuny :"Hai orang-orang yang beriman,
ingatlah kamu akan nikmat Allah (yang diberikan-Nya) kepadamu" (Al-
Maidah : 11).
5. Tawakal yang benar tidak akan menjadikan seseorang kelaparan.
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:
ุนَْู ุนَู َุฑَ ุฑَุถَِู ุงُููู ุนَُْูู َูุงَู: ุณَู ِุนْุชُ ุฑَุณَُْูู ุงِููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َُُْูููู َْูู ุฃََُّููู ْ ุชَุชََََُّْููููู ุนََูู ุงِููู ุญََّู ุชََُِِّูููู َูุฑَุฒََُููู ْ َูู َุง َูุฑْุฒُُู ุงูุทَّْูุฑَ، ุชَุบْุฏُู ุฎِู َุงุตًุง َูุชَุฑُْูุญُ ุจِุทَุงًูุง (ุฑูุงู ุงูุชุฑู ุฐู)
Dari Umar ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,’sekiranya kalian bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, pastilah Allah akan memberikan rizki kepada kalian sebagaimana Allah memberi rizki pada seekor burung. Pergi pagi hari dalam keadaan perut kosong, dan pulang sore hari dalam keadaan perut kenyang. (HR. Tirmidzi)
6. Tawakal adalah setelah usaha.
Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
ุนَْู ุฃََูุณِ ุจَْู ู َุงٍِูู َُُูููู َูุงَู ุฑَุฌٌُู َูุง ุฑَุณَُูู ุงَِّููู ุฃَุนَُِْูููุง َูุฃَุชَََُّููู ุฃَْู ุฃُุทَُِْูููุง َูุฃَุชَََُّููู َูุงَู ุงุนَِْْูููุง َูุชَََّْููู (ุฑูุงู ุงูุชุฑู ุฐู)
Dari Anas bin Malik ra, ada seseorang berkata kepada Rasulullah SAW. ‘Wahai Rasulullah SAW, aku ikat kendaraanku lalu aku bertawakal, atau aku lepas ia dan aku bertawakal?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Ikatlah kendaraanmu lalu bertawakallah.” (HR. Tirmidzi)
Ibnul Qayyim berkata, ”Tawakal adalah faktor paling utama yang bisa mempertahankan seseorang ketika tidak memiliki kekuatan dari serangan makhluk lainnya yang menindas serta memusuhinya. Tawakal adalah sarana yang paling ampuh untuk menghadapi keadaan seperti itu, karena ia telah menjadikan Alloh sebagai pelindungnya atau yang memberinya kecukupan. Maka barang siapa yang menjadikan Alloh sebagai pelindungnya serta yang memberinya kecukupan, maka musuhnya itu tak akan bisa mendatangkan bahaya padanya.” (Bada’i Al-Fawa’id 2/268)
Bukti yang paling baik adalah kejadian nyata, Imam Al Bukhori telah mencatat dalam kitab shohih beliau, dari sahabat Ibnu Abbas rodhiyallohu anhuma, bahwa ketika Nabi Ibrahim dilemparkan ke tengah-tengah api yang membara beliau mengatakan, “Hasbunallohu wa ni’mal wakiil.” (Cukuplah Alloh menjadi penolong kami dan Alloh adalah sebaik-baik pelindung). Perkataan ini pulalah yang diungkapkan oleh Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam ketika dikatakan kepada beliau, Sesungguhnya orang-orang musyrik telah berencana untuk memerangimu, maka waspadalah engkau terhadap mereka.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam bab Tafsir. Lihat Fathul Bari VIII/77)
Ibnu Abbas berkata, “Kata-kata terakhir yang diucapkan oleh Nabi Ibrahim ketika ia dilemparkan ke tengah bara api adalah: ‘Cukuplah Alloh menjadi penolong kami dan Alloh sebaik-baik pelindung’.” (HR. Bukhori)
Dan diriwayatkan oleh Al-Baihaqi yang disanadkan kepada Bastar bin Al-Harits, ia
berkata:
Ketika Nabi Ibrahim digotong untuk dilemparkan kedalam api, Jibril memperlihatkan
diri padanya dan berkata : Wahai Ibrahim, apakah Kamu perlu bantuan?, Ibrahim
menjawa: Jika kepada engkau, maka saya tidak perlu bantuan,"
(Diriwayatkan oleh Ibni Jarir dalam Tafsirnya 17/45, Al-Baghwi dalam tafsirnya
4/243) Ini adalah bagian dari kesempurnaan tawakal yang hanya kepada Allah
semata tanpa lainnya. Dan Allah berfirman setelah itu...
"Kami berfirman : 'Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi
Ibrahim', mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan
mereka orang-orang yang paling merugi". (Al-Anbiya : 69-70)
Burung Saja Melakukan Usaha untuk Bisa Kenyang
ุญَุฏَّุซََูุง ุฃَุจُู ุนَุจْุฏِ ุงูุฑَّุญْู َِู ุญَุฏَّุซََูุง ุญََْููุฉُ ุฃَุฎْุจَุฑَِูู ุจَْูุฑُ ุจُْู ุนَู ْุฑٍู ุฃََُّูู ุณَู ِุนَ ุนَุจْุฏَ ุงَِّููู ุจَْู ُูุจَْูุฑَุฉَ َُُูููู ุฅَُِّูู ุณَู ِุนَ ุฃَุจَุง ุชَู ِูู ٍ ุงْูุฌَْูุดَุงَِّูู َُُูููู ุณَู ِุนَ ุนُู َุฑَ ุจَْู ุงْูุฎَุทَّุงุจِ ุฑَุถَِู ุงَُّููู ุนَُْูู َُُูููู ุฅَُِّูู ุณَู ِุนَ َูุจَِّู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َُُูููู َْูู ุฃََُّููู ْ ุชَุชََََُّููููู ุนََูู ุงَِّููู ุญََّู ุชََُِِّูููู َูุฑَุฒََُููู ْ َูู َุง َูุฑْุฒُُู ุงูุทَّْูุฑَ ุชَุบْุฏُู ุฎِู َุงุตًุง َูุชَุฑُูุญُ ุจِุทَุงًูุง (ุฑูุงู ุฃุญู ุฏ)
Dari Umar bin Khattab ra berkata, bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sekiranya kalian benar-benar bertawakal kepada Allah SWT dengan tawakal yang sebenar-benarnya, sungguh kalian akan diberi rizki (oleh Allah SWT), sebagaimana seekor burung diberi rizki; dimana ia pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar, dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah). . Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no. 310)
Sekilas Tentang Hadits
Hadits ini merupakan hadits marfu’ dari Umar bin Khattab ra, yang diriwayatkan melalui jalur sanad Abdullah bin Hubairah, dari Abu Tamim Al-Jaisyani, dari Umar bin Khattab, dari Rasulullah SAW, diriwayatkan oleh :
• Imam Turmudzi dalam Sunan/ Jami’nya, Kitab Al-Zuhud An Rasulillah SAW, Bab Fi Attawakkal Alallahi, hadits no 2344.
• Imam Ibnu Majah dalam sunnannya, Kitab Al-Zuhud, Bab Attawakkal Wal Yaqin, hadits no 4164.
• Imam Ahmad bin Hambal dalam tiga tempat dalam musnadnya, yaitu pada hadits no 205, 372 dan 375.
Hadits di atas menjelaskan tentang hakekat tawakal yang digambarkan oleh Rasulullah SAW dengan perumpamaan seekor burung. Dimana burung pergi (baca ; mencari karunia Allah) pada pagi hari dengan perut kosong karena lapar, namun di sore hari ia pulang dalam keadaan perut kenyang dan terisi penuh. Karena pada hakekatnya Allah SWT lah yang memberikan rizkinya sesuai dengan kebutuhannya.
Demikian juga manusia, sekiranya manusia benar-benar bertawakal kepada Allah SWT dengan mengamalkan hakekat tawakal yang sesungguhnya, tentulah dari aspek rizki, Allah SWT akan memberikan rizki padanya sebagaimana seekor burung yang berangkat pada pagi hari dengan perut kosong dan pulang pada sore hari dengan perut kenyang. Artinya insya Allah rizkinya akan Allah cukupi.
Imam Ahmad pernah ditanyakan mengenai seorang yang kerjaannya hanya duduk di rumah atau di masjid. Pria itu mengatakan, “Aku tidak mengerjakan apa-apa sehingga rezekiku datang kepadaku.” Lalu Imam Ahmad mengatakan, “Orang ini tidak tahu ilmu (bodoh). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Allah menjadikan rezekiku di bawah bayangan tombakku.” Dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda (sebagaimana hadits Umar di atas). Disebutkan dalam hadits ini bahwa burung tersebut pergi pada waktu pagi dan kembali pada waktu sore dalam rangka mencari rizki. (Lihat Umdatul Qori Syarh Shohih Al Bukhari, 23/68-69, Maktabah Syamilah)
Al Munawi juga mengatakan, “Burung itu pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali ketika sore dalam keadaan kenyang. Namun, usaha (sebab) itu bukanlah yang memberi rezeki, yang memberi rezeki adalah Allah ta’ala. Hal ini menunjukkan bahwa tawakal tidak harus meninggalkan sebab, akan tetapi dengan melakukan berbagai sebab yang akan membawa pada hasil yang diinginkan. Karena burung saja mendapatkan rezeki dengan usaha sehingga hal ini menuntunkan pada kita untuk mencari rezeki. (Lihat Tuhfatul Ahwadzi bisyarhi Jaami’ At Tirmidzi, 7/7-8, Maktabah Syamilah)
Tawakal yang Termasuk Syirik
Setelah kita mengetahui pentingnya melakukan usaha, hendaknya setiap hamba tidak bergantung pada sebab yang telah dilakukan. Karena yang dapat mendatangkan rezeki, mendatangkan manfaat dan menolak bahaya bukanlah sebab tersebut tetapi Allah ta’ala semata.
Imam Ahmad mengatakan bahwa tawakal adalah amalan hati yaitu ibadah hati semata (Madarijus Salikin, Ibnul Qayyim, 2/96). Sedangkan setiap ibadah wajib ditujukan kepada Allah semata. Barang siapa yang menujukan satu ibadah saja kepada selain Allah maka berarti dia telah terjatuh dalam kesyirikan. Begitu juga apabila seseorang bertawakal dengan menyandarkan hati kepada selain Allah -yaitu sebab yang dilakukan-, maka hal ini juga termasuk kesyirikan.
Tawakal semacam ini bisa termasuk syirik akbar (syirik yang dapat mengeluarkan seseorang dari Islam), apabila dia bertawakal (bersandar) pada makhluk pada suatu perkara yang tidak mampu untuk melakukannya kecuali Allah ta’ala. Seperti bersandar pada makhluk agar dosa-dosanya diampuni, atau untuk memperoleh kebaikan di akhirat, atau untuk segera memperoleh anak sebagaimana yang dilakukan oleh para penyembah kubur dan wali. Mereka menyandarkan hal semacam ini dengan hati mereka, padahal tidak ada siapapun yang mampu mengabulkan hajat mereka kecuali Allah ta’ala. Apa yang mereka lakukan termasuk tawakal kepada selain Allah dalam hal yang tidak ada seorang makhluk pun memenuhinya. Perbuatan semacam ini termasuk syirik akbar. Na’udzu billah min dzalik.
Sedangkan apabila seseorang bersandar pada sebab yang sudah ditakdirkan (ditentukan) oleh Allah, namun dia menganggap bahwa sebab itu bukan hanya sekedar sebab (lebih dari sebab semata), seperti seseorang yang sangat bergantung pada majikannya dalam keberlangsungan hidupnya atau masalah rezekinya, semacam ini termasuk syirik ashgor (syirik kecil) karena kuatnya rasa ketergantungan pada sebab tersebut.
Untuk meluruskan pemahaman terhadap dimensi tawakkal ini para sufi
mengemukakan beberapa ciri penting iaitu:
1. Tawakkal kepada Allah kerana untuk memperoleh keredhaan hamba
dan bahagian dunia, atau untuk menghilangkan hal ehwal yang tidak
disukai dan musibah dunia
2. Tawakkal kepada Allah untuk menghasilkan apa yang dicintai dan diredai Allah berupa keimanan, keyakinan, jihad dan dakwah kepadaNya
3. Menyerahkan diri kepada Allah seperti seorang yang menyerahkan
kekuasaannya kepada wakilnya dalam sesuatu perkara setelah dia
meyakini kebenaran, kejujuran dan kesungguhan orang itu dalam
membelanya.
4. Menyerahkan diri kepadaNya seperti anak kecil menyerahkan
segala persoalan kepada ibunya.
5. Menyerahkan diri kepada Allah seperti mayat di tangan orang yang
memandikannya
Namun begitu tawakkal bukanlah perkembangan daripada nilai fatalisme
tetapi ia merupakan suatu kreativiti diri untuk berebut tujuan iman yang
hakiki. Dengan demikian, tawakkal adalah realiti psikologi yang diaplikasikan setelah menjalani masa yang panjang menuju Tuhan. Orang bertawakkal akan merasa tenteram dengan janjiNya, merasa cukup dengan pemberian dan pengetahuan yang diberikan kepadanya dan dia juga akan merasa puas dengan kebijaksanaanNya.
Wallahu A’lam
0 komentar:
Posting Komentar